Goa Boma, Monterado. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek pada kurikulum merdeka yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Selain itu, tujuan P5 untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 karakte pelajar Pancasila yang dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

    Dalam kesempatan project kali ini di SMP Negeri 3 Monterado  mengambil tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dimulai pada pekan 2 di bulan Agustus para siswa merancang dan membuat media tanam beserta penyemaian tanaman Seperti Tanaman Ubi Kayu, Ubi jalar, Jagung dan tanaman lainnya., berikutnya melakukan pembibitan dan perawatan setiap hari Jum’at pada kegiatan P5.

    Hal itu dapat melatih para siswa untuk mandiri, gotong royong, dan bernalar kritis karena dalam perawatan, mereka menjumpai tanaman mereka ada yang beberapa kurang maksimal dalam pertumbuhannya, maka dari itu mereka dituntut untuk bernalar kritis penyebab dari kekurangsuburan tanaman tersebut. Selain itu, penjadwalan menyiram setiap hari oleh siswa juga rutin dilakukan, untuk memupuk gotong royong pada tiap siswa.

    Bimbingan dari Koordinator P5 memainkan peran penting dalam memandu siswa dalam memahami konsep dan prinsip gaya hidup berkelanjutan. Mereka tidak hanya diajari bagaimana menanam sayuran secara teknis, tetapi juga diarahkan untuk menghubungkan praktik ini dengan nilai-nilai keberlanjutan yang lebih luas.


Kontributor: Tomi, S.Pd.I